RAMADAN BULAN 👥

 KELONG PENDIDIKAN RELIGIUS (2)

-RAMADAN BULAN SOSIAL.    

Oleh: Bahaking Rama.

Kini bulan Ramadan hadir  membawa ibadah puasa yang wajib ditunaikan. “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharapkan  ampunan Allah, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya dimasa lalu” (HR. Bukhari).

 Selain melaksanakan ibadah puasa, di bulan ramadan dianjurkan pula lebih membangun silaturrahmi dengan sesama manusia. Saling menghargai, saling menyayangi,  dan tolong-menolong dalam ketakwaan.

Ada orang yang amalan puasanya baik, tetapi akhlaknya, etikanya, budi-pekertinya tidak baik (buruk). Bagaimana nasib orang yang seperti ini? Dapat kita simak Kelong pesan leluhur sebagai berikut.

MANNA BAJI POASATA, 

MINGKA KODI’I AMPETA,

CAPPU’ LINOTA,

SAPU PALA’ AHERATTA.

Arti bebasnya:

 Meskipun ibadah puasa dilaksanakan dengan baik, tetapi etika dan akhlak dalam bergaul sangat rendah (Kodi’i Ampeta), maka tidak akan mendapat pahala puasa di dunia dan di akhirat.

Bulan ramadan sebagai bulan social bermakna, bahwa selain melaksanakan ibadah puasa dengan baik, juga wajib membangun kesadaran untuk menebar kasih-sayang dan berkebaikan kepada sesama.

Berinteraksi dan membangun silaturrahmi dengan baik diacara buka puasa bersama, saling menyapa dan saling menggembirakan di Masjid atau di tempat shalat  berjamaah dan tempat lain dimana kita berinteraksi.

Juga yang sangat penting di bulan Ramadhan ini adalah menggembirakan anak yatim-piatu dan kaum du’afa dengan memberikan sumbangan, sedekah, santunan, dan nafkah  dari sebagian harta yang Allah berikan pada kita, baik dalam keadaan lapang maupun dalam kedaan sempit (QS.  Ali Imran, 3 :134) 

Supaya amalan ibadah puasa dapat membawa berkah di dunia dan di akhirat, maka menurut pesan Kelong di atas, setiap orang harus berbuat baik, menjunjung tinggi akhlak, etika dan adat-istiadat (kearifan local) di dalam pergaulan.  

Semoga setiap amalan di bulan ramadan ini dapat membawa keberkahan di dunia dan di akhirat.  Aamiin yra.

Pao-Pao Gowa, Selasa,  2 Ramadan 1445 H / 12 Maret 2024 M

Posting Komentar untuk "RAMADAN BULAN 👥"