Mobil Terrano Paris Yasir Dikembalikan ke Pemda Usai Viral Diberitakan

 

Kolase Mantan Wakil Bupati Jeneponto Paris Yasir dan mobil dinas DD 2 G.

Jeneponto Media Duta, - Mantan Wakil Bupati Jeneponto Paris Yasir akhirnya kembalikan kendaraan dinas (randis) milik Pemkab Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Gerakan cepat (gercep) Paris Yasir itu usai heboh Pemda Jeneponto bakal tarik paksa randis yang masih dikuasai eks pejabat.

"Habis salat Jumat saya suruh bawa kesini mobil dinasnya," ujar Kabid Aset Pemda Jeneponto, Badaintang kepada Jumat (22/3/2024).

Mobil dinas jenis Nissan Terrano berwarna putih itu sempat ingin dijemput Badaintang namun ditolak oleh Paris Yasir.

"Saya ditelepon dia bilang tidak usah kesini nanti Kilang bawa kesitu, sopirnya," ucap Badaintang.

Sesampainya di halaman Kantor Bupati, mobil itu kemudian disimpan di garasi.Hanya saja, plat merah randis tersebut sudah hilang.

"Saya nda tahu plat merahnya di mana, karena sebelum pak Wakil Bupati pinjam plat yang terpasang sudah warna hitam, pas saya lihat dokumen ternyata betul," terangnya.

Dalam waktu dekat, kata dia, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jeneponto akan menarik randis yang masih dikuasai oleh mantan pejabat yang lain.

"Sementara saya mau ke Makassar untuk hadiri kegiatan, nanti setelah pulang saya jemput lagi randis yang lain," pungkasnya.

Dengan demikian, randis yang dikuasai Paris Yasir tersisa mobil Fortuner putih plat DD 2 G.

Namun mobil tersebut tengah dalam proses lelang di KPKNL dan akan diambil alih oleh Paris Yasir.

Mantan Pejabat Kuasai Randis

Sebanyak 14 kendaraan dinas (randis) dipinjamkan pada pejabat belum dikembalikan ke Pemerintah Daerah (Pemda) Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Demikian disampaikan Kepala Badan Pengelolaan dan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Jeneponto, Badaintang di Kantornya Jl Lanto Daeng Pasewang, Kecamatan Binamu, Senin (18/3/2024).

"Ada sekitar 14 mobil, ada 11 orang saya surati, dua orang merespon dan satu sudah ditarik," kata Badaintang.

Ia mengungkapkan, 11 orang itu berasal dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Beberapa diantaranya bahkan memiliki dua randis.Disebutkan, salah seorang pensiunan pejabat membawa kabur aset daerah itu ke luar kota.

"Saya sudah surati juga, saya tidak tahu sejak kapan dia ke Kendari, tapi ada pemberitaan dari keluarganya tapi katanya ada di Kendari," ucapnya.

Mobil harga tertinggi kata Badaintang, adalah randis yang dipinjamkan ke mantan Ketua DPRD Jeneponto Muh Kasmin Makkamula atau Karaeng Gassing.

"Yang paling mahal itu mobil Pajero Sport Dakar sampai sekarang belum dikembalikan Karaeng Gassing (Muh Kasmin Makkamula)," terangnya.

Pendataan randis sudah berlangsung sejak 2017 dan telah dilakukan penyuratan hingga berulang kali.

Hanya saja, kebanyakan purna pejabat malah tebal muka dan tetap cuek.

"Pendataannya sejak tahun 2019, ada tahun 2017 sampai sekarang, ada juga mobil camat dari tahun 2000-an (belum dikembalikan)," urainya.

Bidang aset pun berencana untuk menarik paksa randis yang dikuasai mantan pejabat.

Sementara itu, mobil dinas mantan Wakil Bupati Jeneponto Paris Yasir sempat viral menggunakan plat gantung beberapa waktu lalu tengah dalam proses lelang.Mobil tersebut adalah jenis Fortuner putih ditilang oleh Polantas Polres Gowa.

"Sementara ini lelangnya saya sudah kirim ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL)," pungkasnya.

Eks Bupati Kembalikan Venturer

Sebelumnya, Mantan Bupati Jeneponto Iksan Iskandar juga mengembalikan randis milik Pemda Jeneponto yang sempat ia kuasai.

Mobil Toyota Innova Venturer dengan nomor polisi DD 11 G diserahkan melalui bidang aset daerah, Rabu (20/3/2024) lalu sekira 07.30 Wita.

Kepala Bidang Aset Pemda Jeneponto Badaintan mengatakan Toyota Innova Venturer berwarna abu-abu itu sebelumnya digunakan istri Iksan Iskandar Hj Hamsiah Iksan.

"Berdasarkan dokumen yang ada, mobil dinas itu masih tercatat sebagai aset pemkab, jadi sudah sesuai ketentuan, aset itu telah dikembalikan untuk dimanfaatkan kembali," katanya.

Meski demikian, masih ada randis pejabat lingkup Pemkab Jeneponto yang belum dikembalikan.

Terkait hal itu, Badaintan mengaku akan menyurati kembali mantan pejabat yang menguasainya.Ia berharap agar mantan pejabat itu segera mengembalikannya.

"Karena memang, penertiban aset mobil dinas ini menjadi perhatian khusus dari KPK. Makanya kita secepatnya menindaklanjuti arahan KPK itu," katanya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jeneponto Armawih A Paki membenarkan hal tersebut."Mobil itu sudah kami terima dan sudah kami simpan di rumah jabatan bupati," ujarnya.

"Sebenarnya saya dihubungi Bapak (Kr Ninra) Iksan Iskandar jam 11 malam (19/3/2024) untuk mengambil kendaraan tersebut, namun karena sudah larut malam, maka baru besoknya kami ke sana mengambil kendaraan tersebut bersama kabag Umum Setda Jeneponto," katanya.(*)

Posting Komentar untuk "Mobil Terrano Paris Yasir Dikembalikan ke Pemda Usai Viral Diberitakan"